Sunday, May 27, 2018

HATI YANG GEMBIRA

Minggu, 27 Mei 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Amsal 17:1-28

BACAAN NDC BIBLE STUDY
1 Korintus 14

AYAT HAFALAN
Amsal 17:22

RENUNGAN INSPIRASI
Sejak akhir tahun 1990, Dokter H. Yul Iskandar, Ph.D – yang juga President Director dari Institute for Cognitive Research – telah mengembangkan terapi tertawa melalui programnya Escape From Stress (EFS). Program tersebut berupaya untuk mengubah perilaku untuk mengurangi efek buruk dari stres. “Tertawa diketahui bisa mengurangi bahkan mengatasi stres yang dialami seseorang. Orang yang biasa tertawa dengan spontan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami stres,” tegasnya. “Gangguan stres,” katanya, “lebih efektif diatasi dengan terapi tertawa secara teratur.” Ketika seseorang tertawa, maka tubuhnya akan menghasilkan hormon-hormon seperti: melantonin, endorphin dan serotonin yang menekan capisol, adrenalin serta radikal bebas. Secara berangsur-angsur tubuh akan merasakan rileks dan menimbulkan perasaan gembira. Efek jangka panjangnya, tertawa akan mencegah kanker dan membuat awet muda.”
Ribuan tahun yang lalu, Salomo telah menuliskan bahwa “Hati yang gembira adalah obat yang manjur” (Amsal 17:22). Sebuah resep yang terbukti manjur hingga kini. Hati yang gembira dihasilkan dari hati yang penuh dengan ucapan syukur. Ketika kita dipenuhi dengan ucapan syukur, maka hidup kita akan dipenuhi dengan sukacita, dan sukacita itu akan menjadi kekuatan yang luar biasa dalam hidup kita. Namun sebaliknya, ketika kita banyak mengeluh serta bersungut-sungut, maka kita akan kehilangan sukacita dan damai sejahtera yang kemudian akan menyebabkan kelemahan di dalam tubuh, jiwa dan bahkan roh kita. Itu sebabnya, ambillah keputusan untuk selalu mengucap syukur dalam segala keadaan, sehingga kita memiliki kekuatan untuk menghadapi pergumulan seberat apa pun dalam hidup kita. Mintalah kekuatan dan kuasa Roh Kudus agar Anda dimampukan untuk mengucap syukur dan bersukacita dalam segala situasi. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah selama ini Anda lebih banyak mengeluh/bersungut-sungut atau mengucap syukur?
2. Bagaimana caranya agar Anda dapat memiliki hati yang gembira dalam Tuhan?

POKOK DOA
Tuhan, aku bersyukur untuk segala berkat yang telah Engkau berikan dalam hidupku. Ampuni aku Tuhan, bila selama ini aku selalu bersungut-sungut. Mulai hari ini, aku mau senantiasa bersyukur dan bersukacita di dalam segala perkara. Kiranya Roh Kudus menguatkan dan memampukan aku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Renungkanlah sejenak dan hitunglah setiap berkat yang Tuhan sudah dan akan berikan kepada Anda. Belajarlah untuk mengucap syukur dalam segala hal, bahkan ketika sesuatu terjadi di luar keinginan kita sekali pun.

HIKMAT HARI INI
Hati yang gembira bersumber dari hati yang mau mengucap syukur.

No comments: