Thursday, May 03, 2018

KAFE KEJUJURAN

Kamis, 03 Mei 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Amsal 16:11-17

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Roma 6

AYAT HAFALAN
Amsal 11:11

RENUNGAN INSPIRASI
Ada sebuah kafe unik yang terletak di Valley City, North Dakota, Amerika Serikat. Konsep dari kafe ini terbilang menantang karena beroperasi tanpa pelayan dan hanya mengandalkan kejujuran konsumennya dalam proses pembayaran. Konsumen membayar sendiri makanan dan minuman yang dipesannya di mesin kasir yang telah disediakan. Ada mesin kartu kredit yang digunakan untuk konsumen yang tidak membawa uang tunai. Konsumen bahkan dapat mengambil sendiri makanan dan minuman yang tersedia di sana. Kafe itu bernama ‘The Vault’. David Brakke dan Kimberly, pemilik kafe The Vault, mengatakan bahwa mereka tidak khawatir akan kecurangan yang dilakukan oleh konsumennya. Sejak dibuka tahun 2013 silam sampai dengan sekarang, kafe ini terbukti tak mengalami kerugian dan tak pernah ada pencurian uang. “Sungguh menakjubkan saat mendapati orang-orang menjadi sangat jujur. Ketika aku datang menghitung berapa banyak yang diambil, ternyata mereka malah menjadi lebih murah hati,” ujar David. (DailyMail.UK)
Alangkah menyenangkan jika setiap transaksi bisnis bisa berlangsung seperti itu! Entah kita membeli atau menjual, menghasilkan produk atau menawarkan jasa, kita dapat membedakan antara praktik yang jujur dan yang tidak jujur. Kadang-kadang kita tergoda untuk bertindak tidak jujur agar dapat lebih maju daripada pesaing kita atau mencoba untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar. Namun, Tuhan menghendaki kita untuk bersikap seperti para pembeli di kafe the Vault. Firman Tuhan berkata, “TUHAN menuntut kejujuran dalam segala urusan dagang. Inilah ketentuan yang telah dibuat-Nya” (Amsal 16:11 FAYH). Jika kita ingin menaati Tuhan, maka kita tidak dapat berdalih untuk membenarkan praktik bisnis yang menyimpang. Mintalah hikmat dan keberanian dari Allah agar Anda dapat secara konsisten bersikap jujur dalam segala situasi. Ingatlah, orang yang setia berjalan di dalam kebenaran pasti akan selalu bertemu berkat kelimpahan dari Tuhan. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda pernah tergoda untuk bertindak tidak jujur? Apa yang Anda lakukan pada saat itu?
2. Mengapa Tuhan menekankan pentingnya orang percaya hidup jujur, terutama di dalam usaha dan pekerjaan?

POKOK DOA
Bapa di sorga, ajar aku untuk menjadi pribadi yang tetap memegang nilai kejujuran di dalam segala keadaan. Kuatkanlah aku agar mampu bertahan menghadapi godaan dan tawaran dunia. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Belajarlah untuk berlaku jujur dari hal-hal yang kecil mulai saat ini juga.

HIKMAT HARI INI
Honesty is the currency of wherever you are. (Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana pun Anda berada)

No comments: