Friday, May 25, 2018

MENERIMA PROMOSI

Jumat, 25 Mei 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Amsal 22:1-29

BACAAN NDC BIBLE STUDY
1 Korintus 12

AYAT HAFALAN
Amsal 21:29

RENUNGAN INSPIRASI
Di Victoria, British Columbia, ada satu SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) milik pebisnis sekaligus motivator bernama Dunsmuir. Meski hanya sebuah SPBU, tapi SPBU ini sangat terkenal dan maju. Jika sebagian besar SPBU di AS adalah self service, tetapi di SPBU milik Dunsmuir ini ada 4 orang pekerja yang melayani setiap mobil. Keempat pekerja itu masing-masingmembersihkan debu jok dan interior mobil, memeriksa oli, mengisi tangki bahan bakar, membersihkan kaca serta memeriksa roda mobil. Semua dilakukan dengan ramah dan bersahabat. Kebanyakan dari pekerja di situ adalah para pemuda-pemudi. Menjadi petugas pompa bensin tentu bukan profesi idaman karena pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang bergaji tinggi. Namun Mr. Dunsmuir selalu menekankan bahwa sangat mungkin pengemudi mobil yang mereka layani adalah “Calon Bos Mereka.” Artinya, jika mereka melayani dengan baik dan bersemangat, maka itu akan menjadi promosi yang baik. Faktanya memang demikian, banyak dari pekerja SPBU itu kemudian direkrut pimpinan perusahaan yang terkesan dengan etos kerja mereka. Sampai saat ini, selain SPBU tersebut selalu ramai dikunjungi, tetapi ramai juga dengan para pelamar yang ingin  bekerja di situ.
Jauh sebelum orang dunia menerapkan pentingnya nilai “excellency” (melakukan yang terbaik), Alkitab telah menyatakan hal itu terlebih dahulu. “Pernahkah engkau melihat orang yang cakap melakukan pekerjaannya? Orang itu akan dipekerjakan di istana raja-raja, bukan di rumah orang biasa (Amsal 21:29 BIS). Artinya, hanya orang-orang yang bekerja dengan excellent yang akan mendapat kepercayaan untuk melakukan perkara yang besar dan berada di posisi-posisi yang hebat. Salah satu nilai (value) yang dimiliki oleh NDC adalah Excellency (melakukan yang terbaik). Sebagai orang percaya, kita harus memberikan yang terbaik dari dalam hidup kita, kapan pun dan dimana pun. Value ini harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup kita. Promosi akan datang pada orang-orang yang memberikan hasil yang excellent. Jadi fokuslah untuk memberikan hasil yang excellent, dan saksikanlah bagaimana Tuhan mempromosikan hidup Anda untuk bekerja di hadapan para raja. (FD) 

REFLEKSI DIRI
1. Sudahkah Anda memberikan yang terbaik dalam setiap perkara yang dipercayakan kepada Anda? Apa yang menjadi tolok ukur Anda untuk hal itu?
2. Adakah hal-hal yang perlu Anda tingkatkan dalam performa kerja dan pelayanan Anda agar Anda dapat memberikan hanya yang terbaik? Tuliskanlah hal-hal itu dan lakukanlah.

POKOK DOA
Bapa di dalam sorga, terima kasih Tuhan, untuk semua yang telah Engkau percayakan untuk aku kelola dalam hidupku. Aku sadar Tuhan, masih banyak hal yang harus aku tingkatkan agar aku dapat memberikan hanya yang terbaik untuk kemuliaan nama-Mu. Ajarku untuk setia dan mau terus belajar untuk melakukan yang terbaik dalam segala hal. Mampukan aku ya Roh Kudus. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Teruslah belajar untuk melakukan segala sesuatu yang dipercayakan kepada Anda dengan kemampuan terbaik yang Anda miliki. Berikanlah hanya hasil yang terbaik.

HIKMAT HARI INI
Orang yang tidak dapat melakukan perkara-perkara yang kecil dengan excellent, mustahil untuk dipercayakan hal-hal yang besar.

No comments: