Friday, May 11, 2018

MILESTONE

Jumat, 11 Mei 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
1 Samuel 7:2-14

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Roma 14

AYAT HAFALAN
1 Samuel 7:12

RENUNGAN INSPIRASI
“Milestone” secara harfiah berarti “batu peringatan” atau batu petunjuk yang berfungsi sebagai “penanda jarak.” Namun istilah ini juga sering digunakan dalam beberapa aspek kehidupan dengan pengertian yang tidak jauh berbeda, yaitu “penanda untuk mengingat atau memperingati sebuah pencapaian yang telah diraih, sebelum melanjutkan proses menuju pencapaian yang berikutnya.” Alkitab mencatat bangsa Israel ternyata pernah menempatkan sebuah milestone dalam perjalanan mereka menuju ke Kanaan. Mereka membangun tugu peringatan sebagai ucapan syukur kepada Allah yang telah memberikan kemenangan melawan bangsa Filistin. Mereka mendirikan tugu peringatan itu di antara Mizpa dan Yesana; dan menamainya Eben-Haezer yang artinya “sampai di sini Tuhan menolong kita”. Tugu ini akan selalu mengingatkan bahwa mereka bisa melangkah sejauh ini semuanya karena penyertaan Tuhan.
Kita tentu telah banyak mengalami banyak kebaikan dan penyertaan Tuhan di masa lalu yang bisa kita jadikan sebagai milestone. Mungkin Anda pernah disembuhkan Tuhan dari sakit Anda, bisnis atau usaha mengalami pemulihan, hubungan dalam keluarga antara suami-istri atau orang tua-anak yang dipulihkan atau Anda pernah mengalami pertolongan Tuhan dalam pergumulan dan tantangan lainnya. Biarlah semua pertolongan-Nya pada masa itu menjadi sebuah milestone, yang membuat kita semakin percaya dan mengandalkan Dia dalam kehidupan. Jangan biarkan masalah dan tantangan membuat Anda menyerah dan kehilangan pengharapan. Tapi biarlah dengan iman kita dapat berkata, “Jika Tuhan pernah memberi pertolongan pada masa yang lalu, maka Tuhan juga yang akan memberikan kemenangan kepadaku saat ini dan di masa yang akan datang!” (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda pernah membangun ‘monumen’ pengingat kebaikan Tuhan di dalam hidup Anda?
2. Mengapa kita perlu mengambil waktu untuk mengingat pertolongan dan kebaikan Tuhan?

POKOK DOA
Terima kasih Tuhan, untuk setiap tahapan kehidupan yang aku jalani. Aku bersyukur Engkau selalu ada bersamaku, untuk memimpin dan menolongku dalam menghadapi segala pergumulan di dalam hidupku. Aku tidak akan pernah melupakan segala kebaikan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Ambillah waktu sejenak untuk mengingat segala pertolongan dan kebaikan Tuhan dalam hidup Anda. Jadikanlah setiap pertolongan Tuhan itu sebagai milestone dalam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI
Bangunlah monumen ucapan syukur sebagai pengingat akan pertolongan Tuhan di dalam hidup Anda.

No comments: