Wednesday, May 30, 2018

SEBELUM MENGALAMI JANJI TUHAN

Rabu, 30 Mei 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Kejadian 39:1-23

BACAAN NDC BIBLE STUDY
2 Korintus 1

AYAT HAFALAN
Yeremia 29:11

RENUNGAN INSPIRASI
Tidak ada seorang pun yang ingin hidup di dalam penjara. Selain kehilangan kemerdekaan, pandangan masyarakat kepada seseorang yang pernah hidup di dalam penjara akan dapat membuat hukuman itu seakan melekat selamanya dalam diri seseorang. Apalagi bila kita dipenjarakan atas perkara yang tidak kita lakukan. Tentu sebuah pergumulan hidup yang amat berat. Namun itulah kenyataan yang harus dialami oleh Yusuf. Yusuf dipenjarakan untuk menanggung hukuman dari perbuatan yang tidak dilakukannya. Hal ini seakan mematahkan harapannya terhadap masa depan dan mimpi yang Tuhan berikan kepadanya.

Tetapi ada catatan penting yang dapat kita pelajari dari kisah Yusuf selama dia di dalam penjara. Selama Yusuf berada di dalam penjara, Alkitab tidak pernah mencatat Yusuf marah, bersungut-sungut atau menyalahkan Tuhan. Yusuf justru tetap menunjukkan bahwa dia adalah seorang yang benar dengan menunjukkan integritasnya di dalam penjara. Tuhan melihat ketaatan Yusuf dan imannya pada rencana Tuhan, maka Tuhan pun membuka jalan bagi Yusuf hingga dia menjadi orang yang paling berpengaruh di Mesir sesudah Firaun (lihat Kejadian 45:5). Tidak jarang, kita pun diperhadapkan dengan situasi seperti Yusuf. Walau kita sudah hidup taat pada Tuhan, baik terhadap sesama, namun malapetaka seakan datang begitu saja. Tiba-tiba kita harus kehilangan pekerjaan, usaha yang kita bangun bertahun-tahun mengalami kebangkrutan atau hal-hal lainnya. Mungkin ada di antara kita yang bertanya, “Mengapa harus aku, Tuhan?” Kita mulai menyampaikan keberatan kita kepada Tuhan, “Bukankah aku sudah melayani-Mu? Hidup sesuai dengan Firman-Mu?” Ketahuilah, bahwa rencana Tuhan dalam kehidupan kita tidak akan pernah gagal, Ia punya berbagai cara untuk membuka pintu yang tertutup. Bila Anda mengalami hal-hal tersebut, itu tandanya Allah sedang memproses diri Anda. Anda sedang dipersiapkan untuk masuk dalam rencana-Nya yang lebih besar lagi. Itu sebabnya, tetaplah bersyukur atas apa yang sedang Anda alami. Jangan berdoa agar masalah itu lalu dari hidup Anda, tetapi berdoalah mohon kekuatan agar Anda mampu menghadapi semua itu dan keluar sebagai pemenang.Tetaplah setia, taat dan percayakanlah hidup dan harapan Anda kepada Tuhan, Dia sudah mempersiapkan yang terbaik bagi masa depan kita. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda pernah mengalami proses kehidupan sebelum akhirnya menerima janji Tuhan ? Apa yang Anda lakukan saat itu?
2. Sikap apa yang harus kita ambil saat Tuhan memroses hidup kita?

POKOK DOA
Bapa di sorga, aku percaya proses yang aku alami ini bukan akhir dari segalanya. Janji-Mu pasti akan digenapi dalam hidupku. Roh Kudus kuatkanlah aku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Tetaplah hidup menurut Firman Tuhan dan peganglah setiap janji Tuhan dalam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI
Janji Tuhan dalam kehidupan orang percaya itu pasti dan tidak pernah gagal. Yang perlu kita pahami hanyalah waktu dan cara Tuhan bukanlah waktu dan cara kita.

No comments: