Tuesday, May 15, 2018

TIDAK DIBIARKAN SENDIRI

Selasa, 15 Mei 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
1 Raja-raja 19:1-18

BACAAN NDC BIBLE STUDY
1 Korintus 2

AYAT HAFALAN
Yesaya 57:15

RENUNGAN INSPIRASI
Prof. Irwin Corey seorang artis, komedian, aktivis politik terkenal yang malang melintang di Broadway, televisi, dan teater sejak tahun 1994, dijumpai terseok-seok mengemis di sepanjang Manhattan Street, New York. Padahal, ia seorang yang kaya raya. Ia punya apartemen di kawasan elit New York yang diperkirakan bernilai US$3,5 juta atau sekitar Rp. 31 miliar. Lalu apa alasannya dia menyamar dan mengemis di jalanan? Ternyata Corey melakukannya untuk membunuh rasa sepi yang dialaminya akibat ditinggal mati oleh  istrinya yang telah mendampinginya selama 70 tahun.
Nabi Elia adalah seorang yang dipakai Allah untuk menyatakan perbuatan-Nya yang dahsyat kepada bangsa Israel. Namun, ketika diancam ratu Izebel, ia melarikan diri ke padang gurun Bersyeba. Ia kesepian karena merasa berjuang sendiri membawa bangsa Israel kembali kepada Allah. Rekan sepelayanannya banyak yang mati terbunuh atau telah meninggalkan Allah. Di tengah kegundahannya, ia memohon kepada Tuhan untuk mencabut nyawanya. Namun dengan lembut Tuhan menghampirinya dalam angin sepoi-sepoi basa. Tuhan datang meneguhkan imannya, sekaligus memulihkan kekuatan jasmaninya. Setelah Elia menerima kekuatan yang baru, ia pun kembali bersemangat melaksanakan tugas pelayanannya sebagai nabi Tuhan. Dalam kehidupan ini, terkadang Tuhan mengizinkan kita berada di satu titik pergumulan yang luar biasa. Kita bisa merasa gagal dan seakan ditinggalkan seorang diri saja menanggung pergumulan itu. Entah itu pergumulan dalam pelayanan, karir, atau kehidupan rumah tangga. Jika saat ini Anda sedang mengalami hal tersebut, segera datang kepada Tuhan dalam doa. Tuhan tidak akan pernah membiarkan Anda seorang diri, Dia akan memulihkan semangat Anda dan memberikan kekuatan yang baru kepada Anda. Ketahuilah bahwa Allah tidak akan pernah membiarkan anak-anak-Nya bergumul sendirian. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda pernah mengalami kesepiaan, seakan-akan semua orang meninggalkan Anda?Apa yang Anda lakukan saat itu?
2. Bagaimanakah Firman Tuhan berbicara kepada Anda hari ini dalam menjawab rasa kesepian yang Anda alami di dalam pergumulan Anda? Jaminan apa yang Tuhan berikan saat datang kepada-Nya?

POKOK DOA
Bapa di sorga, aku percaya tidak pernah sedetik pun Engkau meninggalkanku. Engkau adalah Tuhan yang memberikan penghiburan dan kekuatan padaku. Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Saat Anda dilanda kesepian, datanglah kepada Tuhan. Dia tidak pernah meninggalkan Anda dan akan menghibur dan memberikan kekuatan yang baru kepada Anda.

HIKMAT HARI INI
Jika kita mempunyai kepastian bahwa Tuhan bersama dengan kita, maka kekuatan yang paling mengagumkan menjadi milik kita. - Oswald Chambers

No comments: