Sunday, June 17, 2018

BETAPA BESARNYA KASIH ALLAH

Minggu, 17 Juni 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Efesus 3:14-21

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Galatia 6

AYAT HAFALAN
Efesus 3:18

RENUNGAN INSPIRASI
“Sepertinya Tuhan tidak lagi mengasihiku. Lagi-lagi aku terjatuh dalam dosa,” ucap seseorang sambil menundukkan kepala. Di tempat lain, seseorang bercerita dengan ceria, “Belakangan ini aku telah melakukan banyak kebaikan untuk Tuhan dan sesama, rasanya Tuhan semakin mengasihiku.” Dari dua pernyataan ini, yang manakah yang pernah terlintas dalam hati Anda? Sementara kedua hal ini umum dirasakan anak-anak Tuhan, tetapi keduanya tidak sepenuhnya benar. Saudara, kasih Allah tidak bisa diukur berdasarkan apa yang kita lakukan atau apa yang terjadi dalam hidup kita, apalagi dengan apa yang kita rasakan.

Jika kasih Tuhan kepada umat manusia tergantung pada situasi dan kondisi kita, kisah-kisah hebat dalam Alkitab beserta para tokohnya tidak akan pernah tertulis. Daud pernah berzinah dengan istri orang lain dan mengatur pembunuhan suami wanita tersebut. Namun, pada akhirnya ia dicatat sebagai seseorang yang mengejar hati Allah. Tamar seorang wanita yang mengandung dari ayah mertuanya, tetapi namanya dicatat di dalam silsilah Yesus Kristus. Paulus menganiaya pengikut-pengikut Kristus, tetapi Tuhan menjadikannya alat untuk menjangkau bangsa-bangsa di seluruh dunia bagi-Nya. Kebenarannya adalah ketika seseorang telah percaya kepada Tuhan, kasih karunia Tuhan cukup untuk mencuci bersih semua kesalahan dan dosa-dosa kita, seburuk apa pun itu. Jangan biarkan iblis mengintimidasi kita dan jangan pula kita mudah menghakimi orang lain atas apa yang telah dilakukannya. Kita tahu bahwa kita diselamatkan hanya karena kasih dan anugerah Tuhan. Setelah kita menerima pengertian yang benar tentang kasih Allah yang tak terukur itu, biarlah kita hidup semakin sungguh-sungguh mengasihi Tuhan dan melakukan kehendak-Nya.

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimanakah Anda membayangkan kasih Allah selama ini?
2. Mengapa kasih Allah tidak tergantung pada diri Anda sendiri? Bagaimana Anda dapat memperbaharui pemahaman Anda akan kasih-Nya dari hari ke hari?

POKOK DOA
Bapa yang baik, terima kasih untuk kasih-Mu yang tak terukur dalam hidupku. Biarlah kasih-Mu semakin berakar dalam hatiku, sehingga aku dapat mengasihi orang-orang yang Engkau tempatkan di sekitarku. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Belajarlah tentang kasih Allah dalam Firman Allah dan praktikkan itu dalam kehidupan Anda.

HIKMAT HARI INI
Kita tidak bisa mengerti dan membalas besarnya kasih Tuhan dalam hidup kita. Kita hanya bisa menggagumi dan menaati segala perintah-Nya. - Oswald Chambers

No comments: