Wednesday, June 13, 2018

DIBENTUK OLEH TANGAN YANG TEPAT

Rabu, 13 Juni 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Roma 9:18-24

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Galatia 2

AYAT HAFALAN
Yesaya 64:8

RENUNGAN INSPIRASI
Di tangan seorang Austin Blackburn, sebuah gergaji bisa saja menjadi alat musik yang mengalunkan nada-nada indah seperti lagu “Ave Maria” atau “You Raise Me Up” yang pernah dibawakannya. Mengagumkan! Gergaji biasa yang digesek dengan bow (alat yang digunakan untuk menggesek biola) ternyata dapat menghasilkan suara yang tidak kalah merdunya seperti biola. Grup musik ”The Vegetable Orchestra” juga tidak kalah unik. Seperti namanya, mereka mampu mengubah berbagai macam sayur-sayuran menjadi alat musik yang menghasilkan melodi yang harmonis. Labu dijadikan alat musik drum, wortel menjadi alat musik tiup seperti seruling. Dalam beberapa contoh ini kita dapat belajar bahwa sesuatu yang dianggap biasa dapat diubah menjadi sebuah karya yang luar biasa jika berada di tangan yang tepat.
Berbicara tentang hasil karya yang indah, hidup kita sesungguhnya hanyalah tanah liat biasa yang diambil dan dibentuk oleh Tuhan untuk menjadi sebuah bejana indah yang bernilai tinggi. Namun, dalam perjalanan dari tanah liat menjadi sebuah bejana yang indah, ada proses yang harus kita lalui. Seperti tanah liat, kita mungkin mengalami tekanan lewat masalah dan tantangan yang Tuhan izinkan terjadi di dalam hidup kita. Tuhan juga akan membuang bagian-bagian yang tidak perlu di dalam hidup kita. Mungkin ada kebiasaan, sifat atau perilaku kita yang perlu dikikis habis agar hidup kita dapat dibentuk dengan indah oleh Tuhan. Kita harus belajar untuk setia melalui setiap proses yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup kita. Kita harus tetap sabar dan taat pada Firman-Nya. Jangan pernah merasa ragu atau bimbang, apalagi menyerah, saat mengalami masalah dan pergumulan. Tetaplah bersabar, taat dan setia mengikuti proses pembentukan Tuhan. Percayalah, Anda berada di tangan yang tepat dan hidup Anda akan dibentuk Allah begitu indah sesuai dengan rencana-Nya. (GB)

REFLEKSI DIRI
1. Sudahkah Anda mengalami proses pembentukkan dari Tuhan? Dalam hal apakah Tuhan membentuk hidup Anda?
2. Bagaimana sikap hati kita saat kita sedang mengalami proses pembentukkan Tuhan?

POKOK DOA
Tuhan Yesus, ini aku, Tuhan. Bentuklah hidupku sesuai dengan rencana-Mu. Kuatkanlah hatiku, ya Roh Kudus, agar aku tetap taat dan setia di dalam setiap pergumulan dan tantangan yang harus aku lalui. Aku percaya, Engkau akan membentuk hidupku menjadi bejana indah bagi kemuliaan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Kuatkanlah iman Anda, tetap setia dan taat pada Firman-Nya dalam menghadapi setiap pergumulan yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI
Kehidupan kita akan mengalami peningkatan dan maksimal, saat kita mengizinkan Kristus, Sang Penjunan Agung, membentuk hidup kita.

No comments: