Sunday, June 10, 2018

JADILAH PRIBADI YANG KREATIF

Minggu, 10 Juni 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Kejadian 1:26-31

BACAAN NDC BIBLE STUDY
2 Korintus 12

AYAT HAFALAN
Amsal 8:12

RENUNGAN INSPIRASI
Pada tahun 2017 kemarin perusahaan Starbucks meluncurkan kedai baru mereka di  Shanghai, China. Gerai kopi seluas 2.787 meter persegi itu sekaligus menjadi  gerai Starbucks terbesar di dunia. Sejak hari pertama gerai ini dibuka, tempat ini selalu ramai oleh masyarakat lokal maupun para turis yang sedang berkunjung ke Shanghai. Pada awal promosinya, perusahaan Starbucks bekerja sama dengan perusahan E-commerce Alibaba milik pengusaha Tiongkok, Jack Ma. Mereka memadukan sejarah 46 tahun perusahaan mereka dalam bisnis kedai kopi dengan budaya Tiongkok yang beragam. Mereka juga menambahkan sistem AR (Augmented Reality) 2 dimensi untuk mempresentasikan proses pembuatan kopi. Saat perusahaan pizza, Taco Bell mengalami hambatan dalam melakukan investasi di Tiongkok, Starbucks justru sukses karena mau membuka diri untuk berinovasi dan berkreasi. (sumber:https://www.youtube.com/watch?v=T9JbcpOR2lw).

Hari-hari ini, ada banyak orang yang merasa pekerjaan dan usahanya tidak mengalami kemajuan. Mereka begitu rajin bekerja namun usaha tersebut tidak membawa kemajuan yang signifikan. Saudara, kita tentu perlu bekerja dengan keras dan rajin. Namun untuk bisa mencapai keberhasilan, kita perlu kreatif dan inovatif dalam menyikapi perubahan dunia saat ini yang begitu cepat. Masalahnya, banyak di antara kita hanya mengenal bahwa Tuhan itu Sang Pemelihara atau sebagai pembuat mukjizat saja. Ketahuilah, Tuhan kita bukan saja sang pembuat mukjizat, tapi Dia adalah Tuhan sumber kreativitas. Dialah yang menaruh ide dalam diri manusia hingga dunia saat ini dapat berkembang dengan luar biasa. Firman Tuhan dalam Kejadian 1:26 mengatakan: Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Sebagai orang percaya, kita memiliki Tuhan sebagai sumber kreativitas yang tidak terbatas. Dia telah menaruh benih daya cipta dalam hidup kita. Hal yang perlu kita lakukan adalah mau terus belajar dan mengembangkan diri terhadap hal-hal yang baru. Sesuatu yang tadinya kita anggap sulit dan tak ada jalan keluar, pasti akan berubah menjadi kesempatan yang membawa kita bertemu dengan keberhasilan, bila kita mau membuka diri kita untuk hal-hal baru dan dengan rendah hati tiada henti-hentinya belajar. 

REFLEKSI DIRI
1. Apa saja hal-hal yang membuat Anda berhenti mengembangkan benih kreativitas dari Tuhan?
2. Langkah apa yang ingin Anda lakukan untuk mulai mengembangkan benih kreativitas dalam hidup Anda?

POKOK DOA
Bapa di sorga, curahkan hikmat-Mu atas hidupku ya Tuhan, sehingga semakin hari hidupku semakin berguna untuk memuliakan Nama-Mu. Dalam Nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Jadilah pribadi yang tidak pernah berhenti belajar dimana pun, kapan pun dan dari siapa pun. Kembangkan setiap benih kreativitas yang Tuhan letakkan dalam hidup Anda.

HIKMAT HARI INI
Tuhan telah meletakkan benih kreativitas di dalam diri setiap kita. Tugas kita adalah mengembangkan benih tersebut agar dapat berbuah di dalam kehidupan kita.

No comments: