Thursday, June 28, 2018

KEBUGARAN ROHANI

Kamis, 28 Juni 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
1 Timotius 4:7-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Kolose 1

AYAT HAFALAN
1 Timotius 4:8

RENUNGAN INSPIRASI
Saat ini gaya hidup sehat tengah menjadi tren di kalangan masyarakat perkotaan. Kesibukan, pola hidup yang berantakan, ditambah polusi lingkungan, menyebabkan masyarakat urban harus berusaha ekstra jika ingin tetap sehat hingga usia tua. Mereka biasanya memilih  untuk mendaftarkan diri di klub-klub kebugaran, mulai mengonsumsi makanan sehat, hingga melakukan olahraga ringan di rumah.
Seperti tubuh yang harus dijaga dan dilatih agar kita bisa mencapai kondisi yang prima, kesehatan rohani kita pun penting untuk dijaga dan ditingkatkan. Firman Tuhan berkata, “Latihan-latihan jasmani itu baik, tetapi latihan rohani jauh lebih penting dan merupakan daya pendorong dalam segala yang kaulakukan. Jadi, latihlah diri secara rohani dan jadilah orang Kristen yang lebih baik, karena hal itu tidak saja bermanfaat dalam hidupmu sekarang ini, tetapi juga dalam hidupmu yang akan datang” (1 Timotius 4:8 FAYH). Latihan rohani yang dimaksud disini tidak hanya sebatas beribadah setiap minggu. Namun memiliki disiplin rohani, seperti rutin membaca Firman Allah, memiliki waktu doa khusus secara pribadi hingga memberikan diri untuk melayani Tuhan dan sesama. Banyak orang yang mengabaikan hal ini, hingga akhirnya kerohanian mereka menjadi lemah dan akhirnya seringkali mengalami kekalahan saat menghadapi tantangan dan persoalan. Mulai hari ini, berilah perhatian khusus bagi kebugaran rohani Anda. Bagi Anda yang sudah melakukannya, terus lakukan hal tersebut dan tingkatkanlah agar kerohanian Anda semakin lebih sehat terjaga. Bagi Anda yang belum melakukannya, ambillah keputusan untuk memulainya sekarang juga. (EV)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda sudah memperhatikan kebugaran rohani Anda? Kapan terakhir Anda melakukannya?
2. Tantangan apa yang Anda temui saat menerapkan disiplin rohani dalam kehidupan Anda?

POKOK DOA
Bapa yang di surga, ajar aku untuk senantiasa melekat kepada-Mu agar stamina rohaniku selalu prima dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia ini. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Mulailah menjaga kebugaran rohani Anda dengan disiplin membaca Firman Tuhan, berdoa dan bersaat teduh.

HIKMAT HARI INI
Saat kerohanian kita prima, maka kita akan sanggup menghadapi tantangan dan pergumulan hidup.

No comments: