Monday, June 11, 2018

SARING TERLEBIH DAHULU

Senin, 11 Juni 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
Yakobus 1:19-27

BACAAN NDC BIBLE STUDY
2 Korintus 13

AYAT HAFALAN
Yakobus 1:19

RENUNGAN INSPIRASI
Suatu hari, Socrates ditanya oleh seseorang, “Tahukah Anda apa yang kemarin saya dengar dari orang lain mengenai teman baik Anda?” Jawaban Socrates atas pertanyaan orang ini sungguh mengejutkan. Bukannya menunjukkan ketertarikannya pada informasi yang akan disampaikan, Socrates malah mengajukan sebuah tes yang kemudian dikenal dengan Triple Filter Test atau Tes Saringan Tiga Lapis. Triple Filter Test itu adalah: (1) Kebenaran, (2) Kebaikan, dan (3) Manfaat. Jadi sebelum Anda menyampaikan suatu informasi kepada orang lain, ujilah terlebih dahulu apakah informasi itu adalah sebuah kebenaran, apakah informasi itu akan membawa kebaikan dan apakah hal itu membawa manfaat bagi orang yang mendengarnya. Jika informasi yang hendak kita sampaikan itu tidak jelas kebenarannya, tidak membawa kebaikan, apalagi bermanfaat bagi pendengarnya, pikirkanlah kembali niat Anda untuk menyampaikannya. Mungkin sebaiknya Anda tidak perlu menyampaikan hal tersebut.
Hampir setiap hari kita menerima berbagai informasi, baik secara lisan maupun tulisan. Masalahnya, tak semua informasi yang kita dengar, lihat atau baca, adalah benar dan bermanfaat bagi kita. Jika kita tidak memiliki filter dalam diri kita sendiri, maka kita akan mudah berasumsi dan terkesan menghakimi sesuatu yang sebetulnya belum tentu benar. Banyak hubungan rumah tangga akhirnya rusak karena kabar yang tidak benar. Banyak pelayan Tuhan akhirnya mundur dari pelayanan karena memiliki asumsi yang salah tentang pemimpin atau rekan sepelayanannya. Firman Allah saat ini mengingatkan kita, “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah” (Yakobus 1:19). Artinya setelah kita menerima informasi dari orang lain, biarlah kita “lambat” (saring dahulu) sebelum memberi respon. Dengan demikian kita akan terhindar dari kesalahan yang tidak perlu terjadi. Jadilah orang yang bijak saat menerima informasi, periksa dahulu kebenarannya, pikirkan apakah ada hal yang baik serta membawa manfaat bagi orang lain sebelum Anda menyampaikannya. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Apakah Anda selama ini mem-filter setiap informasi atau sebuah berita yang Anda terima? Bagaimana Anda mem-filter-nya??
2. Mengapa kita perlu belajar mem-filter setiap berita dan informasi yang kita terima?

POKOK DOA
Bapa di sorga, ampuni aku yang terkadang cepat berasumsi atas dasar informasi yang tidak benar tentang seseorang. Roh Kudus, bantulah aku untuk menjadi pribadi yang bijak dalam menyikapi setiap informasi dan berita yang aku dengar dan kendalikanlah pikiran dan perkataanku. Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Selalu tanyakan kepada diri Anda sebelum Anda menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain: apakah informasi itu benar, membawa kebaikan dan manfaat bagi orang yang akan mendengarnya.

HIKMAT HARI INI
Setiap berita yang belum jelas kebenarannya dapat menciptakan asumsi dan persepsi yang tidak benar juga.

No comments: