Friday, June 22, 2018

SIKAP HATI SAAT MEMBERI

Jumat, 22 Juni 2018

BACAAN ALKITAB HARI INI
1 Tawarikh 29:1-10

BACAAN NDC BIBLE STUDY
Efesus 5

AYAT HAFALAN
1 Tawarikh 29:17

RENUNGAN INSPIRASI
Satu waktu, grup saya di sosial media facebook berdiskusi tentang persembahan kepada Tuhan. Dalam diskusi tersebut, beberapa anggota grup akhirnya mulai berselisih paham ketika membahas perlu atau tidaknya memberikan persepuluhan dan jenis persembahan lain yang tertulis di dalam Alkitab. Bicara tentang persembahan kepada Tuhan, sebetulnya hal utama dan mendasar yang perlu diperhatikan adalah bagaimana sikap hati kita. Percuma jika kita memberikan persembahan sesuai dengan apa yang kita pahami masing-masing namun tidak dengan sikap hati yang rela dan mengasihi Tuhan.

Alkitab mencatat raja Daud adalah salah satu contoh orang yang memberikan persembahan kepada Tuhan dengan sikap hati yang benar. Saat Salomo, anaknya, hendak membangun Bait Suci, ia dengan sukarela dan tulus mempersembahkan harta miliknya. Daud berkata, "...karena cintaku kepada rumah Allahku, maka sebagai tambahan pada segala yang telah kusediakan bagi rumah kudus, aku dengan ini memberikan kepada rumah Allahku dari emas dan perak kepunyaanku sendiri tiga ribu talenta emas dari emas Ofir dan tujuh ribu talenta perak murni..." (1 Tawarikh 29:3-4).  Persembahan seperti inilah yang berkenan kepada Tuhan, karena lahir dari rasa syukur kepada Tuhan yang telah melakukan begitu banyak hal yang baik dalam hidup kita. Sebelum kita memberikan persembahan kepada Tuhan, pastikanlah kita melakukannya dengan sikap hati yang benar, yaitu karena mengasihi  Tuhan. (FD)

REFLEKSI DIRI
1. Bagaimana sikap hati Anda selama ini saat memberikan persembahan kepada Tuhan?
2. Mengapa kita perlu memiliki sikap hati yang benar saat memberi persembahan kepada Tuhan?

POKOK DOA
Bapa di sorga, ampuni aku jika selama ini aku memberi persembahan kepada-Mu dengan sikap hati yang keliru. Mulai hari ini aku mau belajar untuk memberi karena aku mengasihi Engkau. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN
Dasarilah setiap persembahan kepada Tuhan dengan hati yang mengasihi-Nya.

HIKMAT HARI INI
Persembahan yang berkenan kepada Tuhan adalah persembahan yang diberikan dengan hati yang penuh ucapan syukur dan kasih kepada Tuhan.

No comments: